Waktu Tepat untuk Hamil Lagi Setelah Caesar Menurut Dokter

Waktu Tepat Hamil Lagi Setelah Caesar Menurut Dokter - Hal yang paling banyak ditanyakan oleh kalangan para Ibu Hamil khususnya bagi mereka yang sudah menjalani operasi caesar yaitu kapan waktu tepat untuk bisa hamil lagi pasca operasi caesar? Kita sudah mengerti bahwa operasi caesar itu adalah proses persalinan dengan mengeluarkan bayi melalui pembedahan pada bagian perut dan rahim ibu.

Jika ditanya kapan waktu tepat untuk bisa hamil lagi pasca ceasar? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim Dicle pada tahun 1997, dinding rahim akan sembuh kembali dengan sempurna membutuhkan waktu kurun waktu sekitar 6 bulan. Namun menurut penelitian lain menuturkan berbeda, misalnya penelitian yang dilakukan oleh Shipp pada tahun 2001 silam.
Waktu Tepat untuk Hamil Lagi Setelah Caesar Menurut Dokter
Shipp melakukan penelitian dengan sample sebanyak 2409 orang wanita yang pernah menjalani operasi ceasar, guna menunjukan hubungan antara jarak persalinan dengan kejadian ruptura uteri (robekan rahim), dia menyatakan bahwa ada sekitar 29 kasus robekan rahim.

Jarak antara persalinan kurang atau sama dengan 18 bulan berkaitan 3 kali lipat terjadinya ruptura uterai (robekan rahim) dibandingkan dengan jarak persalinan diatas 18 bulan. Maka dari itu, secara umum kedokteran menyarankan pada ibu yang melahirkan ceasar agar memberi jarak antara persalinan dengan kehamilan yang akan datang diatas 18 bulan.

Demikian ibu perlu berkonsultasi pula dengan dokter spesialis kandungan dan memeriksakan diri kepada mereka. Mintalah tips-tips kepada dokter kandungan, dimana nantinya diharapkan bunda sekalian bisa kembali hamil dan melahirkan dengan proses persalinan yang normal.

Demikianlah ulasan artikel tentang waktu tepat untuk hamil lagi setelah caesar mnurut dokter yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat!