3 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Perlu Diketahui

Tanda-Tanda Awal Kehamilan - Tanda kehamilan pertama adalah waktu yang paling dinantikan oleh seorang perempuan khususnya bagi mereka yang menginginkan dirinya mempunyai seorang buah hati dambaan keluaga. Karena hamil adalh sebuah tanda bahwa pasangan suami isteri mempunyai tingkat kesuburan yang baik atau tidak memiliki masalah kesehatan.

Dengan hadirnya tanda-tanda kehamilan pada seorang perempuan, hadirnya seorang buah hati dalam keluarga mereka hanya tinggalah menunggu waktu. Tentu keluarga akan terasa lebih lengkap dengan kehadiran buah hati baru yang dinanti.

Kadang kala, pasangan suami isteri belum tahu secara betul tentang tanda-tanda awal kehamilan. Mereka kadang masih bingung membedakan mana tanda-tanda awal kehamilan yang benar (pregnancy symptoms) dengan  tanda akan datang menstruasi. Oleh sebab itu, kasus terjadi tanda-tanda awal kehamilan biasanya sangat mirip dengan tanda-tanda akan datang bulan (menstruasi). Tak mengherankan jika ketidaktahuan mengenai hal ini terkadang bisa menyebabkan beberapa kasus terjadinya keguguran (miscarriage).
3 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Perlu Diketahui
Hal itu bisanya disebabkan adanya suatu aktivitas atau konsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dilakukan selama kehamilan, padahal sebetulnya dia sudah mengalami kehamilan. (Baca: Makanan yang dilarang saat hamil). Dengan ketidaktahuan ini jelas akan mengakibatkan persiapan yang kurang matang untuk menyongsong kehamilan menjadi terabaikan. Bahkan sebaliknya, banyak kasus para keluarga stress dikarenakan tanda-tanda yang sudah dianggapnya sebagai sebuah tanda kehamilan, ternyata setelah dilakukan beberapa kali test-pect ternyata hasilnya malah negatif (belum hamil).

Banyak para perempuan menilai bahwa tanda-tanda awal kehamilan hanya melihat dari satu sisi saja, yakni terlambat datang bulan (menstruasi). Memang betul hal demikian itu, salah satu tanda-tanda awal kehamilan adalah terlambatnya menstruasi. Tetapi perlu diingat bahwa terlambat menstruasi juga bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja, banyak faktor lain yang mempengaruhinya seperti pola makan, kecapaian, stress, adanya gangguan hormonal dan lain-lain. Nah maka dari itu, untuk lebih memastikan dan menyakinkan lagi, selain terlambatnya menstruasi, Bunda harus mencermati pula tanda-tanda kehamilan yang lainnya.

Pada dasarnya tanda kehamilan dibagi menjadi 3 bagian yaitu tanda kehamilan yang tidak pasti, tanda kemungkinan kehamilan, dan tanda kehamilan yang pasti. Guna lebih memastikan lagi apakah Bunda hamil atau belum, selain terlambatnya datang bulan, maka tanda kehamilan yang umum atau yang belum pasti bisa kita ketahui dari mengenali beberapa tanda-tanda awal kehamilan dibawah ini.

Tanda-Tanda Awal Kehamilan Untuk Calon Ibu Hamil

1. Terjadi Perubahan Pada Payudara
Tanda awal kehamilan pertama adalah terjadinya perubahan pada payudara. Hal ini disebabkan oleh adanya penikatan produksi hormon esterogen dan progesteron. Ditambah kondisi payudara akan terasa makin lembut, sehingga menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi ketimbang sebelumnya. Selain itu, payudara akan terasa sakit atau nyeri ketika dipegang. Puting susu juga semakin membesar pula dan warnanya akan semakin gelap, kadang juga sering terasa gatal. Pembuluh vena di bagian payudara juga semakin terlihat yang diakibatkan oleh penegangan payudara.

Adanya aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen). Hormon ini diproduksi oleh tubuh ketika ibu mengalami kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi saat terlahir ke dunia.

2. Munculnya Bercak Darah atau Flek Yang Diikuti Kram Perut
Bercak darah atau Flek merupakan sebuha tanda-tanda awal kehamilan berikutnya yang sering terjadi pada ibu hamil. Kasus ini muncul biasanya sebelum menstruasi, terjadi antara 8-10 hari sesudah terjadinya ovulasi. Bercak darah dikarenakan adanya implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Namun terkadang, munculnya bercak darah pada saat kehamilan disalah artikan sebagai menstruasi oleh sebagian kalangan.

Keluarnya bercak darah diikuti oleh kram perut. Kram perut biasanya terjadi pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur dan akan terus berlanjut hingga kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya tepat ada ditengah dan disangga oleh panggul.

3. Mual dan Muntah (Morning sicknes)
Mual dan Muntah adalah sebuah tanda-tanda awal kehamilan selanjutnya yang juga sering terjadi pada calon ibu hamil. Sekitar 50% perempuan jika akan mengalami kehamilan pasti mengalami hal yang demikian ini. Pemicunya adalah adanya peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut bernama HCG (Human chorionic Gonadotrophin).

Selain dalam darah, peningkatan hormon HCG terjadi pula di saluran air kencing. Makanya alat test-pack kehamilan dilakukan melalui media air seni, hal itu dilakukan untuk untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan hormon HCG akan mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan bisa menimbulkan rasa mual. Rasa mual inilah yang nantinya akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua. Jika rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan dan konsultasikan mengenai hal ini ke dokter sepesialis kandungan Anda.

Mual dan muntah (morning sickness) terjadi pada saat di pagi hari. Tetapi kenyataannya, mual dan muntah bisa terjadi pada siang dan malam hari juga. Bahkan kadang terjadi hanya ketika ibu hamil mencium aroma atau wewangian tertentu.

Demikianlah artikel tentang Tanda-tanda Awal Kehamilan yang dapat kami bagikan kepada Bunda sekalian. Semoga bunda tidak bingung lagi mengenai hal ini.