Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda, Waspada ya!

Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda - Makanan yang dikonsumsi oleh bunda hamil muda sebaiknya makanan yang sehat misalnya saja buah-buahan segar dan sayuran hijau. Tetapi, Anda harus tahu bahwa ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang dalam kondisi hamil muda.

Makanan yang dilarang saat hamil muda pertama adalah buah nanas, ternyata buah nanas mengandung bromelain yang bisa berpengaruh untuk melunakkan leher rahim dan bisa berakibat fatal terhadap persalinan dini ataupun keguguran. Walaupun belum ada penelitian yang lebih lanjut tentang kandungan nanas yang bisa memicu persalinan dini, tetapi ada baiknya bila Anda menghindari konsumsi buah nanas selama masa kehamilan. (Baca: Buah Nanas untuk Ibu Hamil, Bagus atau Tidak?)
Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda
Selain itu, masih terdapat beberapa pantangan untuk mengkonsumsi makanan yang dilarang selama hamil. Simak makanan yang dilarang saat hamil muda berikut.

Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda Wajib Diketahui

Berbahaya Bagi Kehamilan
Ada beberapa jenis makanan lain yang ternyata bisa berbahaya untuk kehamilan Anda, yaitu buah pepaya yang setengah matang atau mentah, dikarenakan tingginya kandungan lateks yang akan mempunyai efek samping rahim berkontraksi terutama ketika masa awal kehamilan. Jadi, Anda sangat tidak dianjurkan untuk memakan buah papaya mentah atau papaya muda karena efek buruknya yang sangat berbahaya pada janin Anda.

Selain itu, hindari pula jenis makanan ini ketika usia kehamilan dua minggu dikarenakan bisa berbahaya untuk calon buah hati Anda, namun bunda masih boleh mengkonsumsi buah pepaya yang sudah benar-benar matang. (Baca juga: Inilah 7 Manfaat Pepaya Untuk Ibu Hamil)

Ada lagi Makanan yang dilarang saat hamil muda ketika memasuki masa 2 minggu kehamilan pertama, yaitu buah anggur. Buah ini menyehatkan bagi manusia, tapi tidak diperbolehkan untuk ibu yang sedang hamil. Sebaiknya Anda menghindari untuk mengkonsumsi buah ini dikarenanakan akan menyebabkan kondisi kandungan Anda panas.

Kemudian untuk kehamilan pada trimester pertama, sebaiknya Anda juga menghindari mengkonsumsi air kelapa segar. Dikarenakan akan melemahkan kandungan. Tetapi bila kandungan Anda telah mencapai 8 bulan keatas, maka mengkonsumsi air kelapa akan membawa efek sangat positif untuk kebersihan kulit bayi, dan memperlancar proses persalinan.

Berefek Negatif
Jenis makanan lain yang dilarang saat hamil muda dan akan membawa pengaruh buruk bagi kehamilan Anda, yaitu budah Durian. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah ini dikarenakan mengandung zat yang dapat memberikan efek negatif bagi kehamilan. Zat itu bernama asam arachidonat dan juga alkohol yang bakal sangat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan janin Anda. Selain itu, kandungan arachidonatnya ternyata juga bisa berakibat fatal bagi janin terutama dalam memicu keguguran, sedangkan alkoholnya bisa mengakibatkan berat badan bayi menjadi rendah.

Sebaiknya, Bunda selalu menjaga kehamilan dengan mengkonsumsi buah-buahan sehat lainnya misalnya jeruk manis, pisang, stroberi, dan juga alpukat yang dapat memberikan suplai vitamin lebih dan protein yang cukup bagi janin Anda. Hindari juga makanan yang terlalu pedas dan asam, karena bisa berakibat buruk terhadap pertumbuhan janin janin. (Baca juga: Daftar Makanan Sehat Ibu Hamil Wajib Tahu)

Demikianlah ulasan tentang Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda wajib diketahui oleh para Bunda sekalian. Semoga bunda yang lagi hamil saat ini, selalu diberi kesehatan ya!