7 Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda, Penasaran?

Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda - Kehamilan memang sering datang dengan membawa banyak sekali perubahan pada tubuh wanita, salah satunya indera pengecap. Sebagian besar wanita hamil kerap mengeluhkan rasa pahit di lidah yang menjadikannya enggan makan. Padahal, di sisi lain nutrisi janin dalam kandungan harus dipenuhi. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan rasa pahit melanda wanita yang sedang hamil?

Nah, pada kali ini kami ingin membahas tentang penyebab lidah pahit saat hamil muda, dimana bunda harus mengetahuinya sebelum mengatasinya. Langsung saja yuk simak penyebab lidah pahit ketika hamil muda berikut ini.

Inilah Penyebab Lidah Pahit Pada Bumil Muda dan Cara Mengatasinya

1. Masalah pada gigi dan mulut
Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda
Penyebab lidah pahit saat hamil muda pertama dikarenakan adanya masalah pada gigi dan mulut. Kemungkinan Anda merasakan lidah pahit saat hamil adalah ketidaksehatan kondisi gigi dan mulut. Sebagai contoh, gigi berlubang atau radang gusi bisa memicu keberadaan bakteri yang menumpuk dan akhirnya menyebabkan lidah pahit.

Oleh karena itu, rutinlah untuk selalu menggosok gigi dan lidah. Selain itu, buatlah jadwal rutin kunjungan ke dokter gigi guna mengatasi gigi berlubang yang sering terjadi pada masa-masa kehamilan.

2. Hormon estrogen menurun
Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda
Hormon Estrogen Menurun juga termasuk penyebab lidah pahit saat hamil muda. Kehamilan dapat mempengaruhi faktor hormonal dalam tubuh ibu. Hormon estrogen akan mengalami penurunan dan kondisi ini menyebabkan dysgeusia. Dysgeusia adalah masalah pada indera pengecap yang disebabkan karena gangguan hormon.

3. Asam lambung meningkat
Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda
Asam lambung juga bisa menjadi penyebab lidah pahit saat hamil muda. Kondisi ini terjadi ketika sistem pencernaan ibu menjadi lambat dan akhirnya menaikkan kadar asam lambung yang memicu reaksi mual serta muntah. Keseringan muntah inilah yang mengakibatkan mulut ibu hamil terasa pahit. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah stres yang bisa memicu kadar asam lambung. Konsumsilah makan-makanan dan minuman sehat yang kami anjurkan untuk Anda. (Baca juga: Minuman Sehat Ibu Hamil Wajib Diketahui)

4. Efek dari konsumsi obat tertentu
Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda
Penyebab lidah pahit saat hamil muda selanjutnya adalah efek dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Bila Anda mengonsumsi sejenis obat tidur, mulas, serta tekanan darah, maka jangan kaget bila lidah akan terasa pahit. Hal ini terjadi sebagai efek samping dari konsumsi obat-obatan tersebut.

5. Menghirup zat tertentu
Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda
Penyebab lidah pahit ibu hamil muda juga terkadang tidak sengaja menghirup zat tertentu. Sebagian besar ibu hamil juga mengalami masalah dengan bau benda-benda tertentu. Umumnya, Anda akan sangat sensitif dengan bau rokok, bawang putih, parfum, atau benda lain yang memiliki aroma tajam. Sensitif pada indera penciuman ternyata juga bisa mempengaruhi saraf sensorik pada indera pengecap yang menjadikannya pahit.

6. Kekurangan vitamin B12 dan Zinc
Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda
Penyebab lidah pahit saat hamil muda juga dikarenakan kurangnya vitamin B12 dan Zink. Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin B12 dan zinc juga bisa mengakibatkan lidah terasa pahit. Alhasil, nafsu makan Anda pun akan menurun drastis dan membuat tubuh dan janin semakin lemah. Oleh karena itu, cobalah konsumsi susu, ikan tuna, maupun kepiting yang kaya akan vitamin B12. Selain itu, konsumsi cokelat hitam, bayam, dan jamur juga bagus untuk mencukupi kebutuhan zinc.

7. Ketidakseimbangan hormonal
Penyebab Lidah Pahit Saat Hamil Muda
Penyebab lidah pahit saat hamil berikutnya adalah ketidakseimbangan hormonal pada si Ibu. Terjadinya ketidakseimbangan hormon dan terjadinya penurunan estrogen bisa berlangsung saat wanita sedang masa kehamilan, sehingga mereka bisa merasa pahit. Kondisi ini tentu disebabkan oleh hormon yang membuat indera pengecap menjadi bermasalah atau disebut juga dengan Dysgeusia. Hal ini umum saja terjadi, namun bukan hal masalah kehamilan.

Meski begitu, penyebab lidah pahit saat hamil muda juga bisa diatasi dengan mudah melalui konsumsi lemon tea. Rasa asam di dalamnya akan menetralisir rasa pahit pada lidah dan menjadikannya berfungsi normal seperti sediakala. Anda juga bisa berkumur-kumur dengan air garam untuk membunuh bakteri penyebab lidah pahit.